Klik salah satu sponsor kami berikut untuk menutup Box ini

Senin, 06 Februari 2012

4 Strategi Kazuo Hirai untuk Menyelamatkan Sony

http://www.gsmdome.com/wp-content/uploads/2012/02/kazuo-hirai_ps3-playstation-network-hemp-beach-tv-hbtv.jpgWah, Sony Bersiap Rugi Rp 26 Triliun Performa bisnis Sony dilaporkan memburuk. Raksasa elektronik asal Jepang ini bahkan telah bersiap untuk menghadapi kerugian USD 2,9 miliar atau sekitar Rp 26 triliun pada periode setahun operasi bisnisnya.

Kondisi tersebut tentunya akan menjadi tantangan sangat berat bagi CEO baru Sony, Kazuo Hirai. Hirai akan menggantikan posisi CEO Sony saat ini, Howard Stringer, pada bulan April mendatang.

Ekonomi global yang lemah, terganggunya jalur distribusi akibat bencana alam dan kuatnya nilai mata uang yen adalah beberapa faktor yang membuat Sony membukukan rugi raksasa.

http://www.hollywoodreporter.com/sites/default/files/2011/03/95615789_a_l.jpg

Penghitungan kerugian setahun sebesar USD 2,9 miliar tersebut berakhir pada bulan Maret mendatang. Kontribusi kerugian terbesar terjadi dalam periode Oktober-Desember 2011 sebesar USD 1,2 miliar.

Hirai yang dikenal dengan prestasinya memulihkan bisnis game PlayStation tetap mencoba optimistis terhadap masa depan Sony. Dia pun berjanji tidak akan segan menutup bisnis yang tidak kompetitif.

"Kami tidak boleh ragu untuk melakukan pilihan yang berat demi masa depan Sony," ucap Hirai, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (3/2/2012).

Sony memang berdarah-darah di berbagai sektor bisnis yang digelutinya. Bisnis televisi mereka kalah dari Samsung dan LG. Di bisnis telepon genggam, mereka tak mampu bicara banyak melawan Samsung dan Apple.

http://www.thefastertimes.com/tech/files/2012/02/Kazuo-Hirai.jpg

( fyk / ash ) 4 Strategi Kazuo Hirai untuk Menyelamatkan SonySuasana berkabut sedang menyelimuti Sony, yang dilaporkan tengah bersiap menghadapi kerugian USD 2,9 miliar atau sekitar Rp 26 triliun. Tugas berat menanti CEO baru Sony, Kazuo Hirai, untuk menyelamatkan raksasa elektronik itu dari kondisi yang lebih buruk.

Tak patah arang, Hirai pun menegaskan siap membangkitkan Sony dan telah menyiapkan sejumlah strategi jitu, seperti dilansir The Verge. Apa saja?

http://techenet.com/en/wp-content/uploads/2011/05/Kazuo-Hirai.jpg

1. Membangkitkan bisnis utama SonyHirai mengakui bahwa digital imaging dan gaming adalah dua tonggak kuat bisnis perusahaan yang berbasis di Jepang ini. Ia berencana akan kembali membangkitkan aset mereka di area tersebut, terutama di pasar mobile.

Tak hanya itu, Hirai juga bakal menerapkan teknologi Sony yang ada di digital imaging ke dalam industri medis. Bisa jadi, industri media akan menjadi core business Sony selanjutnya. Untuk urusan gaming, Hirai mengatakan akan membangun produk mobile yang unik dan diklaim hanya Sony yang bisa mewujudkannya.

2. Mengevaluasi bisnis TVMeski Hirai menyadari bahwa TV masih menjadi idola di ranah hiburan, namun ia juga melihat bahwa LCD TV telah dikomoditasi dan perusahannya tidak ingin buang-buang waktu di area ini. Sony akan lebih selektif lagi dalam memproduksi LCD TV dan pihaknya mempertimbangkan untuk berkolaborasi dengan perusahaan lain guna mengurangi ongkos produksi.

3. Mentransformasi portolio bisnis SonyRaksasa elektronik ini memang memiliki bisnis di area yang beragam, namun Sony agaknya perlu mempertimbangkan produk mana yang tidak memiliki value tambahan sehingga bisa disingkirkan.

4. Menggenjot inovasinyaHirai optimistis posisi Sony cukup bagus untuk menjadikan area medis sebagai tambang uang mereka yang baru. Mereka diketahui memiliki banyak inovasi di sensor, signal processing, lensa dan display.

Di area medis, Sony yakin mampu menciptakan produk yang inovatif dengan cara mengaplikasikan temuan mereka itu untuk endoskop, piranti diagnosa X-Ray dan ultrasound.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sony dikabarkan tertarik membeli 20-30% saham di Olympus yang pemasukan terbesarnya memang dari bisnis medis.

http://cdn.digitaltrends.com/wp-content/uploads/2012/02/131092207_11n.jpg

sumber :http://www.detikinet.com/read/2012/02/05/090257/1834370/319/4-strategi-kazuo-hirai-untuk-menyelamatkan-sony/?i991101mainnews

KOTAK KOMENTAR Add to Google Reader or Homepage nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar