Klik salah satu sponsor kami berikut untuk menutup Box ini

Minggu, 15 Januari 2012

Penyebab Motor jadi Boros & Kiat hemat BBM

A. Penyebab Motor BorosPunya sepeda motor standar namun konsumsi bahan bakarnya menjadi boros tentu menjadi tanda tanya pemakainya. Apa penyebabnya?setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab boros tidaknya konsumsi bensin, seperti:a. MACET Pertama, situasi jalan yang dilalui dalam kondisi macet, karena meskipun posisimotor sedang berhenti, namun putaran mesin tidak berhenti.b. KONDISI JALAN Kedua, kondisi jalanan yang dilalui menanjak, di mana pada kondisi jalan tersebutpengendara motor membuka gas lebih banyak ketimbang kondisi jalan landaiatau datar, sehingga mengakibatkan putaran mesin lebih tinggi dan konsumsibensin menjadi lebih banyak. Demikian juga pada jalan yang bergelombang, ataucenderung rusak.c. MEMAINKAN GAS TERUS-MENERUS Ketiga, cara pemakaian juga mempengaruhi konsumsi bensin. Misalnya, ketikamotor berhenti di persimpangan atau lampu merah, sering memainkan gas secaraterus-menerus, sering ngebut, dan sering mengerem mendadak. Selain itu faktorlainnya adalah tidak melakukan servis secara rutin, sehinga settingan mesin telahmengalami perubahan.d. SUHU

Faktor keempat yang turut mempengaruhi penggunaan bahan bakar adalahsuhu. Makin panas suhu udara, maka penguapan bahan bakar akan semakintinggi.e. KONDISI MOTOR

Terakhir, kondisi fisik motor. Misalnya, ban kempes atau kurang angin,penggunaan aksesori body yang berat dan mengakibatkan bertambahnyahambatan udara, atau beban angkut yang berlebihan. (ry)B. Kiat-kiat untuk menghemat BBMBUKA-TUTUP GAS SEIRAMAJangan bergaya stop and go. Tutup dan buka gas full. Tapi, mainkan irama sesuai putaran mesin. Secara teknis antara rpm dan torsi senada. Di sini dibutuhkan feeling kuat. Apalagi, pas pindah gigi. Jangan sampai telat. Rpm jangan dibiarkan tinggi, baru pindah gas. “Buka gasnya pun mesti sesuai putaran mesin. Jangan buka gas, tapi tenaga motor masih rendah,” jelas Freddy.

Paling gampang dicoba pas turunan dan tanjakan. Di turunan nggak usah open throttle. Cara seperti itu ngasih beban berlebihan. Bahan bakar deras, tapi enggak sesuai kebutuhan ruang bakar.

KURANGI PENGGUNAAN ENGINE BRAKEDi harian jangan disamakan dengan balap. Hapus teknik engine brake. Teknik seperti memaksa mesin berputar, tapi enggak sesuai dengan daya yang dihasilkan. Berarti bahan bakar ngocor, sementara enggak terbakar sempuran. “Paling bagus pakai rem. Mesin enggak dipaksa berputar.HINDARI NGEREM SAMBIL NGEGASIni biasa dilakukan kaum Hawa. Enggak nyadar, rem belakang diinjak, tapi gas tetap manteng. Sekali lagi, rpm dan torsi nggak keluar maksimal. Mirip sama orang mau buang air besar, tapi ditahan. Proses pembakaran yang semestinya menghasilkan daya, tapi tertahan. Pembakaran pun jadi sia-sia.HARAM GEBER DI LAMPU MERAHKebiasan bergaya. Kondisi mesin idle atau posisi gigi lagi netral, tapi gas digeber-geber. Campuran bahan bakar dan udara dari karburator masuk ke ruang bakar. Wah, di sini nih bensin akan ngocor deras, tapi terbuang percuma. Mubazir, kan. “Posisi mesin langsam bisa dianggap saat bahan bakar banyak terbakar. Ditambah lagi main geber. Pasti jadi makin boros,”JANGAN TERLALU LAMA MANASIN MESINCara lama. Sebelum berangkat ngantor, sekolah, atau kuliah motor dinyalakan. Dibiarkan berlama-lama. Katanya sih supaya oli naik dan membasahi semua komponen mesin sebelum motor dijalankan. Ingat lho, posisi mesin langsam bikin bahan bakar terbuang percuma.lama waktu buat memanaskan mesin paling pas 1 sampai 2 menit aja

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10464386

KOTAK KOMENTAR nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar