Klik salah satu sponsor kami berikut untuk menutup Box ini

Sabtu, 21 Januari 2012

Pertolongan Pertama Bila Di Gigit Binatang Berbisa ( kelabang,lintah,ular )

Sebelumnya ada teman saya yang teman kantornya terkena gigitan kelabang besar dan kesakitan sampai membiru. Temanku itu seorang wanita dengan paniknya melihat teman kantornya kesakitan dan tidak tahu harus memberi pertolongan apa, sampai dia broadcast di BB bagaimana cara memberi pertolongan pertama bila di gigit binatang berbisa.

Dari sini saya menjadi sadar bahwa kita semua harus tahu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama bila terkena gigitan binatang berbisa untuk mengurangi resiko berbahaya.

Jadi saya memcoba membagi info-info yang saya rangkum dari berbagai sumber, semoga berguna bagi para kaskuser untuk di kemudian hari

Spoiler for Lipan/Kelabang:

Kelabang atau Lipan (bahasa Inggris: centipede) merupakan hewan arthropoda yang tergolong dari kelas Chilopoda dan upafilum Myriapoda. Kelabang adalah hewan metameric yang memiliki sepasang kaki di setiap ruas tubuhnya. Hewan ini termasuk hewan yang berbisa, dan termasuk hewan nokturnal.

Spoiler for Efek Gigitan:

Gigitan kelabang meninggalkan bekas berupa sepasang luka, dan menyebabkan pembengkakan, rasa sakit dan kemerahan di sekitar tempat luka. Rasa terbakar, pegal dan sakit biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah 4-5 jam kemudian.

Spoiler for Pertolongan Pertama:

1. Kompres dingin dan dicuci dengan obat antiseptik2. Kalau ada, cuci bekas gigitan dengan larutan pekat garam inggris3. Berikan obat pelawan rasa sakit4. Apabila penderita gelisah segera bawa ke dokter.

Spoiler for Lintah:

Quote:

Lintah adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, mereka memiliki klitelum. Seperti cacing tanah, lintah juga hermaprodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis.

Spoiler for Efek Gigitan:

Ludah lintah mengandung zat antipembekuan darah. darah akan terus mengalis ke luar dan masuk ke perut lintah. Pada orang yang peka terhadap zat tersebut, gigitan lintah akan mengakibatkan reaski yang berupa pembengkakan, gatal, dan kemerahan.

Spoiler for Pertolongan Pertama:

1. Dengan hati-hati lepaskanlah lintah dari tempat ia mengigit.2. Siram minyak atau air tembakau ke tubuh lintah supaya mempercepat melepaskan gigitan lintah.3. Apabila ada tanda-tanda reaksi kepekaan seperti di atas, cukup digosok dengan obat atau salep antigatal biasa.

Spoiler for Ular:

Ular adalah reptil yang tak berkaki dan bertubuh panjang. Ular memiliki sisik seperti kadal dan sama-sama digolongkan ke dalam reptil bersisik (Squamata).

Spoiler for Efek Gigitan:

Gigitan ular akan meninggalkan bekas yang dapat memberi petunjuk tentang jenis ularnya. Gigitan ular berbisa meninggalkan bekas taring yang nyata. Tetapi untuk identifikasi yang lebih pasti, lebih baik apabila ularnya dapat dibunuh. Identifikasi ini penting untuk mengenali jenis bisa yang telah dimasukkannya bersama gigitan. Bisa ular ada yang bersifat merusak dinding pembuluh darah (ular pohon), dan ada yang bersifat merusak jaringan saraf (ular kobra, ular laut)

Spoiler for contoh gigitan[/spoiler:

Bekas gigitan ular;A: Tidak berbisa (tanpa bekas taring).B: Ular berbisa dengan taring di belakang.C: Ular berbisa dengan taring di depan (ular sendok-Kobra; ular laut).D: Ular berbisa dengan taring di depan agak ke samping (ular pohon).

Spoiler for Pertolongan pertama:

1. Segera baringkan penderita, dan letakkan bagian yang tergigit lebih rendah dari letak jantung.2. Penderita disuruh agar tetap tenang, karena kegelisahan akan mempercepat penjalaran bisa.3. Kenakan torniket (torniquet) di daerah di atas tempat luka yang digigit.(Torniket ini dimaksudkan untuk mencegah aliran darah yang sudah tercemar bisa ke arah jantung)4. Denyut nadi di bagian yang terletak lebih rendah dari torniket harus merasa tetap teraba. khusus untuk gigitan ular sendok (kobra), torniket dikencangkan seperti para perdarahan nadi.

Menyayat dan mengisap bisa pada bekas gigitan ular

Dengan sebilah Pisau yang sudah disterilkan (misalnya dengan membakarnya), buat irisan di kulit tepat di bekas taring ular. Irisan itu memanjang, sedalam 0,5 cm dan sepanjang 1,5 cm. Kemudian melalui irisan itu, bisa diisap dengan mempergunakan mulut. Bisa ular tidak berbahaya bagi mulut yang sehat (tidak ada luka).

Spoiler for Catatan:

Jika gigitan sudah berlangsung lebih dari setengah jam yang lalu. JANGAN dilakukan usaha menghisap bisa ini. Penderita tidak boleh diberi minuman keras. Selanjutnya kirimlah ke rumah sakit untuk mendapat suntikan antibisa ular. Sedapat mungkin usunglah penderita dalam keadaan terbaring. bisa ular jarang mengakibatkan kematian, dan menjalar melalui pembuluh darah dan cepat mematikan. Selama dalam perjalanan, torniket dikendorkan setiap 15 menit selama 30 detik. Torniket untuk menghambat bisa ular atau gigitan binatang berbisa lainnya.

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6320859

KOTAK KOMENTAR nb : jika kotak komentar tidak muncul, refresh aja gan (tekan F5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar